Dasar prinsip sistem multilateral trading


Prinsip WTO: Landasan Sistem Perdagangan Multilateral Hukum perdagangan internasional sangat penting untuk kita pahami di era globalisasi ini. Untuk memahami bagaimana cara kerjanya, pada dasarnya kita perlu memahami bagaimana sistem perdagangan multilateral beroperasi. Mengambil WTO sebagai modelnya, penting bagi kita untuk mengetahui prinsip-prinsip yang mengatur aktivitas ekonomi masing-masing negara satu sama lain. Perdagangan tanpa diskriminasi 1. Most-favored-nation (MFN). Memperlakukan orang lain secara setara. Berdasarkan perjanjian WTO, negara-negara biasanya tidak dapat membedakan antara mitra dagang mereka. Berikan seseorang bantuan khusus (seperti tarif bea cukai yang lebih rendah untuk salah satu produk mereka) dan Anda harus melakukan hal yang sama untuk semua anggota WTO lainnya. 2. Pengobatan nasional. Mengobati orang asing dan penduduk setempat secara setara. Barang-barang yang diimpor dan diproduksi secara lokal harus diperlakukan sama 8212 setidaknya setelah barang-barang asing masuk pasar. Hal yang sama berlaku untuk layanan asing dan domestik, dan untuk merek dagang asing, lokal, hak cipta dan hak paten. Hambatan perdagangan bebas yang turun melalui negosiasi Prediktor - perusahaan asing, investor dan pemerintah harus yakin bahwa hambatan perdagangan (termasuk hambatan tarif dan hambatan non-tarif) tidak boleh dinaikkan secara sewenang-wenang, dan komitmen pembukaan pasar adalah 8220bound8221 dalam WTO Promoting fair Persaingan 8212 mengecilkan hati praktik-praktik seperti subsidi ekspor dan produk dumping di bawah biaya untuk mendapatkan pangsa pasar Mendorong pengembangan dan reformasi ekonomi - lebih bermanfaat bagi negara-negara kurang berkembang, memberi mereka lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri, fleksibilitas yang lebih besar, dan hak istimewa. Sumber: Organisasi Perdagangan Dunia MELIHAT BLOG INI: Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Anda memiliki kebebasan untuk melakukan yang benar dan tidak pernah salah dalam domain ini. Penulis tidak mengklaim sebagai juara debat dunia karena memang tidak. Dia juga yang terbaik di Filipina. Anda punya pilihan untuk pergi. Jika Anda ingin tinggal, Anda terikat oleh persyaratan berikut: 1. Gunakan situs ini sebagai referensi untuk belajar debat dan ajudikasi. Bagian LABEL menyediakan topik spesifik yang Anda butuhkan. Temukan artikel dan risalah tentang debat di bagian DEBATE RESOURCES AND REFERENCES di situs ini. 2. Gunakan situs ini untuk meneliti gerakan debat dan mempelajari berbagai isu yang mempengaruhi dunia. Penulis memposting pendapatnya tentang berbagai isu dari waktu ke waktu. Luangkan waktu untuk mengunjungi link konten yang disediakan oleh situs ini. 3. Menghormati penulis hak kekayaan intelektual. 4. Menyalin entriphotos dari blog ini sangat berkecil hati kecuali jika pengakuan yang benar diberikan kepada penulis. Untuk entri yang tidak asli, sampaikan pengakuan yang benar kepada penulis dan sumber yang dikutip. 5. Komentar konstruktif dianjurkan. 6. Jika Anda ingin berkontribusi ke blog ini. Kirimkan saya pesan di arnel5mateoyahoo Bobby Benedicto - Sekarang berbasis di Melbourne, Bobby telah menjadi DCA untuk tiga Kejuaraan Asia (2004 All-Asia, 2005 AUDC, 2007 All-Asians), untuk Australs 2005, dan untuk sejumlah lokal yang tidak diketahui Turnamen. Sebagai pembela, Bobby memenangkan dua Kejuaraan Nasional (2000, 2001), dua Kejuaraan Asia (2002, 2003 - juga Pembicara Terbaik, Pembicara Terbaik di Final), membuat dua semifinal Australs (2002, 2003), dan memecahkan dua kali di Worlds ( 2002, 2003). Leloy Claudio - Salah satu pembicara Australasia yang paling berbakat, Leloy telah memenangkan tiga Asian Debate Championships yang menakjubkan (2004 All-Asians, 2006 and 2007 AUDC). Dia mencapai Grand Final Australs pada tahun 2005 dan Semifinal di tahun 2006 (juga bernama 5th Best Speaker). Sebagai tahun pertama, ia memenangkan National Debate Championship dan membuat Perempatfinal Dunia. Lel telah memenangkan berbagai kompetisi lainnya dan telah diadili pada yang lain, terakhir sebagai CA dari Nationals 2006. Sharmila Parmanand - Salah satu debat Australasia yang paling berhasil. Seiring dengan Leloy, dia adalah satu-satunya orang yang telah memenangkan 3 kejuaraan Asia (2005, 2006, dan 2007 AUDC). Dia mencapai Grand Final Australs pada tahun 2005 dan Semifinal pada tahun 2006. Dia juga memenangkan National Debate Championship pada tahun 2005 dan membangkang di Dunia pada tahun 2006. Kompetisi Debat ORGANISASI PERDAGANGAN ORGANISASI MEMAHAMI WTO: DASAR-DASAR Prinsip-prinsip sistem perdagangan Perjanjian WTO sangat panjang dan Kompleks karena mereka adalah teks hukum yang mencakup berbagai kegiatan. Mereka menangani: pertanian, tekstil dan pakaian, perbankan, telekomunikasi, pembelian pemerintah, standar industri dan keamanan produk, peraturan sanitasi makanan, kekayaan intelektual, dan masih banyak lagi. Tapi sejumlah prinsip dasar yang sederhana dijalankan di semua dokumen ini. Prinsip-prinsip ini merupakan dasar dari sistem perdagangan multilateral. Melihat lebih dekat prinsip-prinsip ini: Klik untuk membuka item. Pohon untuk navigasi situs akan terbuka di sini jika Anda mengaktifkan JavaScript di browser Anda. 1. Most-favored-nation (MFN): memperlakukan orang lain secara setara Berdasarkan kesepakatan WTO, negara biasanya tidak dapat membedakan antara mitra dagang mereka. Berikan seseorang bantuan khusus (seperti tarif bea cukai yang lebih rendah untuk salah satu produk mereka) dan Anda harus melakukan hal yang sama untuk semua anggota WTO lainnya. Prinsip ini dikenal sebagai perawatan paling disukai (MFN) (lihat boks). Hal ini sangat penting bahwa ini adalah artikel pertama dari Perjanjian Umum tentang Tarif dan Perdagangan (GATT). Yang mengatur perdagangan barang. MFN juga menjadi prioritas dalam General Agreement on Trade in Services (GATS) (Pasal 2) dan Persetujuan tentang Aspek Terkait Perdagangan Berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual (TRIPS) (Pasal 4), walaupun dalam setiap kesepakatan prinsip tersebut ditangani dengan sedikit berbeda. . Bersama-sama, ketiga perjanjian tersebut mencakup ketiga bidang perdagangan utama yang ditangani oleh WTO. Beberapa pengecualian diperbolehkan Misalnya, negara dapat membuat sebuah perjanjian perdagangan bebas yang hanya berlaku untuk barang yang diperdagangkan dalam kelompok yang melakukan diskriminasi terhadap barang dari luar. Atau mereka bisa memberi akses khusus kepada negara-negara berkembang ke pasar mereka. Atau sebuah negara dapat meningkatkan penghalang terhadap produk yang dianggap diperdagangkan tidak adil dari negara tertentu. Dan dalam pelayanan, negara diperbolehkan, dalam keadaan terbatas, untuk melakukan diskriminasi. Tapi kesepakatan tersebut hanya mengizinkan pengecualian ini dalam kondisi yang ketat. Secara umum, MFN berarti bahwa setiap kali sebuah negara menurunkan hambatan perdagangan atau membuka pasar, perusahaan tersebut harus melakukannya untuk barang atau jasa yang sama dari semua mitra dagangnya baik kaya atau miskin, lemah atau kuat. 2. Perlakuan Nasional: Mengobati orang asing dan penduduk lokal dengan barang-barang yang diimpor dan diproduksi secara lokal harus diperlakukan sama setidaknya setelah barang-barang asing masuk ke pasar. Hal yang sama berlaku untuk layanan asing dan domestik, dan untuk merek dagang asing, lokal, hak cipta dan hak paten. Prinsip perlakuan nasional ini (memberikan perlakuan yang sama kepada orang lain kepada orang lain) juga ditemukan di ketiga perjanjian utama WTO (Pasal 3 GATT Pasal 17 GATS dan Pasal 3 TRIPS), walaupun sekali lagi asasnya ditangani Sedikit berbeda dalam masing-masing. Perlakuan nasional hanya berlaku sekali produk, layanan atau barang dari kekayaan intelektual telah memasuki pasar. Oleh karena itu, pengisian bea cukai atas impor bukan merupakan pelanggaran terhadap perlakuan nasional meskipun produk buatan lokal tidak dikenakan pajak setara. Perdagangan bebas: secara bertahap, melalui negosiasi kembali ke atas Menurunkan hambatan perdagangan adalah salah satu cara yang paling jelas untuk mendorong perdagangan. Hambatan yang terkait meliputi bea cukai (atau tarif) dan tindakan seperti larangan impor atau kuota yang membatasi jumlah secara selektif. Dari waktu ke waktu isu-isu lain seperti kebijakan pita merah dan nilai tukar juga telah dibahas. Sejak pembuatan GATT pada tahun 1947-48 telah terjadi delapan putaran negosiasi perdagangan. Babak kesembilan, di bawah Agenda Pembangunan Doha, sekarang sedang berlangsung. Awalnya ini difokuskan pada penurunan tarif (bea cukai) barang impor. Sebagai akibat dari negosiasi, pada pertengahan 1990-an, negara-negara industri tarif tarif barang industri turun dengan mantap menjadi kurang dari 4. Namun pada tahun 1980an, negosiasi telah diperluas untuk mencakup hambatan barang-barang non-tarif, dan ke area baru. Seperti layanan dan kekayaan intelektual. Membuka pasar bisa bermanfaat, tapi juga membutuhkan penyesuaian. Perjanjian WTO memungkinkan negara-negara untuk memperkenalkan perubahan secara bertahap, melalui liberalisasi progresif. Negara berkembang biasanya diberi waktu lebih lama untuk memenuhi kewajibannya. Prediktabilitas: melalui ikatan dan transparansi kembali ke atas Terkadang, berjanji untuk tidak menaikkan penghalang perdagangan sama pentingnya dengan menurunkannya, karena janji tersebut memberi bisnis pandangan yang lebih jelas tentang peluang masa depan mereka. Dengan stabilitas dan prediktabilitas, investasi didorong, pekerjaan diciptakan dan konsumen dapat sepenuhnya menikmati pilihan persaingan dan harga yang lebih rendah. Sistem perdagangan multilateral merupakan upaya pemerintah untuk membuat lingkungan bisnis stabil dan dapat diprediksi. Putaran Uruguay meningkatkan bindings Persentase tarif yang diberlakukan sebelum dan sesudah perundingan tahun 1986-94 (Ini adalah garis tarif, jadi persentase tidak diberi bobot sesuai dengan volume atau nilai perdagangan) Di WTO, ketika negara-negara setuju untuk membuka pasar mereka untuk barang atau jasa , Mereka mengikat komitmen mereka. Untuk barang, bindings ini berjumlah plafon dengan tarif bea cukai. Terkadang negara mengimpor pajak dengan tarif yang lebih rendah dari harga batas. Seringkali hal ini terjadi di negara-negara berkembang. Di negara maju, tingkat bunga benar-benar bermuatan dan tingkat terikat cenderung sama. Sebuah negara dapat mengubah bindings-nya, tapi hanya setelah bernegosiasi dengan mitra dagangnya, yang bisa berarti mengkompensasi kerugian akibat perdagangan. Salah satu pencapaian perundingan perdagangan multilateral Uruguay adalah untuk meningkatkan jumlah perdagangan berdasarkan komitmen yang mengikat (lihat tabel). Di bidang pertanian, 100 produk sekarang telah memberlakukan tarif. Hasil dari semua ini: tingkat keamanan pasar yang jauh lebih tinggi bagi para pedagang dan investor. Sistem ini mencoba untuk meningkatkan prediktabilitas dan stabilitas dengan cara lain juga. Salah satu caranya adalah dengan mencegah penggunaan kuota dan tindakan lain yang digunakan untuk menetapkan batasan kuantitas impor yang mengatur kuota dapat menyebabkan lebih banyak pita merah dan tuduhan bermain tidak adil. Hal lain adalah membuat peraturan perdagangan negara menjadi jelas dan publik (transparan) mungkin. Banyak kesepakatan WTO mengharuskan pemerintah untuk mengungkapkan kebijakan dan praktik mereka di negara tersebut atau dengan memberitahukan WTO. Pengawasan reguler terhadap kebijakan perdagangan nasional melalui Mekanisme Peninjauan Kebijakan Perdagangan memberikan cara lebih jauh untuk mendorong transparansi baik di dalam negeri maupun di tingkat multilateral. WTO kadang-kadang digambarkan sebagai lembaga perdagangan bebas, tapi itu tidak sepenuhnya akurat. Sistem ini memungkinkan tarif dan, dalam keadaan terbatas, bentuk perlindungan lainnya. Lebih tepatnya, ini adalah sistem peraturan yang didedikasikan untuk kompetisi terbuka, adil dan tidak berdistorsi. Aturan tentang perlakuan non-diskriminasi MFN dan perawatan nasional dirancang untuk menjamin kondisi perdagangan yang adil. Begitu juga yang di dumping (mengekspor di bawah biaya untuk mendapatkan pangsa pasar) dan subsidi. Masalahnya rumit, dan peraturannya mencoba untuk menetapkan apa yang adil atau tidak adil, dan bagaimana pemerintah dapat merespons, terutama dengan mengenakan bea impor tambahan yang dihitung untuk mengkompensasi kerusakan yang disebabkan oleh perdagangan yang tidak adil. Banyak kesepakatan WTO lainnya bertujuan untuk mendukung persaingan yang sehat: di bidang pertanian, kekayaan intelektual, layanan, misalnya. Kesepakatan tentang pengadaan pemerintah (sebuah kesepakatan plurilateral karena hanya ditandatangani oleh beberapa anggota WTO) memperluas peraturan persaingan untuk melakukan pembelian oleh ribuan entitas pemerintah di banyak negara. Dan seterusnya. Mendorong pengembangan dan reformasi ekonomi kembali ke atas Sistem WTO berkontribusi terhadap pembangunan. Di sisi lain, negara-negara berkembang membutuhkan fleksibilitas dalam waktu yang mereka ambil untuk menerapkan kesepakatan sistem. Dan kesepakatan itu sendiri mewarisi ketentuan GATT sebelumnya yang memungkinkan adanya bantuan khusus dan konsesi perdagangan untuk negara-negara berkembang. Lebih dari tiga perempat anggota WTO adalah negara berkembang dan negara-negara yang beralih ke ekonomi pasar. Selama tujuh setengah tahun Putaran Uruguay, lebih dari 60 negara menerapkan program liberalisasi perdagangan secara mandiri. Pada saat yang sama, negara-negara berkembang dan ekonomi transisi jauh lebih aktif dan berpengaruh dalam negosiasi Putaran Uruguay daripada di babak sebelumnya, dan bahkan lebih lagi dalam Agenda Pembangunan Doha saat ini. Pada akhir Putaran Uruguay, negara-negara berkembang siap untuk menerima sebagian besar kewajiban yang dipersyaratkan dari negara maju. Tetapi kesepakatan tersebut memberi mereka masa transisi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan WTO yang lebih asing dan mungkin sulit, terutama untuk negara-negara yang paling miskin dan paling tidak berkembang. Keputusan menteri yang diadopsi pada akhir putaran mengatakan negara-negara yang lebih baik harus mempercepat pelaksanaan komitmen akses pasar terhadap barang-barang yang diekspor oleh negara-negara terbelakang, dan ini meminta bantuan teknis yang meningkat untuk mereka. Baru-baru ini, negara-negara maju mulai mengizinkan impor bebas bea dan kuota untuk hampir semua produk dari negara-negara terbelakang. Pada semua ini, WTO dan anggotanya masih melalui proses belajar. Agenda Pembangunan Doha saat ini mencakup negara-negara berkembang yang mengkhawatirkan kesulitan yang mereka hadapi dalam melaksanakan kesepakatan Putaran Uruguay. Sistem perdagangan seharusnya. Tanpa diskriminasi, sebuah negara tidak boleh membedakan antara mitra dagangnya (memberi status sama-sama dengan negara atau MFN yang sama-sama disukai) dan seharusnya tidak melakukan diskriminasi antara produk dan layanan asing mereka sendiri, asing atau nasional (memberi mereka perlakuan nasional) penghalang bebas yang turun melalui Negosiasi yang dapat diprediksi perusahaan asing, investor dan pemerintah harus yakin bahwa hambatan perdagangan (termasuk hambatan tarif dan non-tarif) tidak boleh ditingkatkan dengan tarif yang sewenang-wenang dan komitmen pembukaan pasar terikat pada WTO yang lebih kompetitif sehingga mengurangi praktik tidak adil seperti subsidi ekspor dan Produk dumping di bawah biaya untuk mendapatkan pangsa pasar lebih bermanfaat bagi negara-negara kurang berkembang yang memberi mereka lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri, fleksibilitas yang lebih besar, dan hak istimewa. Ini terdengar seperti kontradiksi. Ini menunjukkan perlakuan khusus, namun di WTO itu sebenarnya berarti non-diskriminasi memperlakukan hampir semua orang secara setara. Inilah yang terjadi. Setiap anggota memperlakukan semua anggota lainnya secara setara sebagai mitra dagang yang paling disukai. Jika sebuah negara meningkatkan keuntungan yang diberikannya kepada satu mitra dagang, maka negara tersebut harus memberikan perlakuan terbaik yang sama kepada semua anggota WTO lainnya sehingga mereka tetap menjadi yang paling disukai. Status negara yang paling disukai (MFN) tidak selalu berarti perlakuan yang sama. Perjanjian MFN bilateral pertama membentuk klub eksklusif di antara mitra dagang paling disukai negara ini. Di bawah GATT dan sekarang WTO, klub MFN tidak lagi eksklusif. Prinsip MFN memastikan bahwa setiap negara memperlakukan lebih dari140 sesama anggotanya secara setara. Tapi ada beberapa pengecualian. Slidehare menggunakan cookies untuk meningkatkan fungsionalitas dan kinerja, dan memberi Anda iklan yang relevan. Jika Anda terus browsing situs, Anda setuju dengan penggunaan cookies di situs ini. Lihat Perjanjian Pengguna dan Kebijakan Privasi kami. Slideshare menggunakan cookies untuk meningkatkan fungsionalitas dan performa, dan memberi Anda iklan yang relevan. Jika Anda terus browsing situs, Anda setuju dengan penggunaan cookies di situs ini. Lihat Kebijakan Privasi dan Perjanjian Pengguna kami untuk rinciannya. Jelajahi semua topik favorit Anda di aplikasi SlideShare Dapatkan aplikasi SlideShare untuk Simpan untuk Nantinya bahkan secara offline Terus ke situs mobile Upload Masuk Signup Ketuk dua kali untuk memperkecil prinsip WO Berbagi ini SlideShare LinkedIn Corporation copy 2017

Comments

Popular Posts